MENCANTING



Assalamu'alaikum...

Let's read my mind!
Don't be borred okay?
....

Saya bangga akan adanya pelajaran membatik di sekolah saya SMPN 1 Sidoarjo. Karena telah berkecimpung untuk melestarikan budaya Indonesia. Selain itu, di sini juga terdapat ekskul karawitan yang termasuk dalam budaya Indonesia yang hampir di klime oleh bangsa lain. Tetapi, yang akan saya bahas adalah MEMBATIK.


Membatik adalah adalah melukis dengan titik-titik. Dan proses melukisnya disebut MENCANTING. Mencanting ini membutuhkan malam dan CANTING. Nah, disebut mencanting karena alatnya bernama canting.



Pelajaran yang satu ini, menurut saya sudah cukup untuk melatih kesabaran dan kekompakkan layaknya outbound! You know Why?

Dalam prosesnya dibutuhkan kesabaran untuk meneteskan malam ke kain. Kita juga harus teliti atas suhu malam yang akan kita teteskan. Karena jika salah, maka akan jadi percuma.
Kita juga harus kompak! Karena sistem pengajaran pelajaran Batik di SMPN 1 Sidoarjo, berkelompok. Sesuai dengan BLP, kita harus dapat bekerja secara individu dan kelompok :D Hehhehe ... #Meniru amanat yang disampaikan guru ketika upacara
Karena bimbingan yang baik lama kelamaan pun kita menjadi terbiasa akan hal tersebut. Yang awalnya tidak pernah memegang canting, jadi pernah merasakan bagaimana sulitnya. Yang tidak pernah menyalakan kompor bersumbu, jadi pernah merasakan betapa repotnya. Yang tidak pernah menggoreng malam, jadi pernah merasakan panasnya :P Pokoknya banyak deh!
Thanks a lot for State JHS 1 Sidoarjo!!! For introduces us about our culture :D

Pesan:
1. Tolong diperhatikan peralatan membatiknya
2. Beri pengetahuan lebih tentang membatik
3. Sediakan tempat & waktu khusus untuk pelaksanaanya
4. Jika perlu, buat ekskul MEMBATIK
5. Thanks a lot again :D

Thanks for read my mind :D
Wassalamu'alaikum wr. wb
Peace :P

Comments

Popular Posts